Sabtu, 18 November 2017

Bikin Tahu Bulat

Siapa yang belum tahu apa itu tahu bulat?
Tahu tidak bagaimana membuatnya? Soalnya kami penasaran kenapa tahu bulat bisa mengembang besar begitu ketika di goreng. Akhirnya bersama Tazki saya pun berselancar di dunia maya untuk mengetahui cara membuat tahu bulat itu seperti apa. Kami menemukan resep tahu bulat tersebut di www.cookpad.com dan segera kami mengeksekusinya. Lumayan juga yang menguras tenaga adalah ketika kita memeras tahu putih yang sudah dihancurkan untuk mengeluarkan air yang terkandung di dalamnya hingga sama sekali tahu tersebut tidak mengandung air sedikit pun. Kami membuatnya dalam adonan yang sedikit dahulu supaya bilamana gagal tidak terlalu kecewa karena sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Alhamdulillah setengah hari kita selesai mengeksekusinya karena disambi-sambi juga sih jadi agak lama selesainya. Dan adonan tahu bulat pun digoreng ketika malam hari saat ayahnya Tazsudah pulang kantor. Saat menggoreng beberapa lama kemudian wow tahunya mekar dan mengembang sempurna. Suka sekali akhirnya tidak gagal karena bisa mengembang. lumayan juga satu adonan yang kami buat menghasilkan kurang lebih 25 buah tahu bulat. Lumayanlah untuk mengganjal perut disaat udara sedang dingin-dinginnya seperti sekarang. ditambah dengan segelas teh manis hangat dicampur jeruk nipis cocok sekali menemani malam ini kami mengobrol seru sebelum beranjak tidur. Kali ini Tazki seinya tidak terlalu bersemangat bebikinan mungkin karena sedang merasa tidak enak badan sehingga ia lebih banyak memilih untuk menghabiskan waktunya membaca buku saja.

Namun, ketika disiapkan tahu bulat bagiannya, buru-buru ia mencari plastik untuk memasukkan sebagian tahu bulatnya ke dalam plastik tersebut. Kemudian ia pun mencampurkan tahu bulatnya dengan bumbu yang biasa digunakan ketika ia memakan kentang goreng. Lalu segera menghampiri saya dan menawarkan tahu bulat berbumbu dengan rasa jagung bakar dan keju. Awalnya saya sempat menolak karena berpikir aneh pasti rasanya, namun ia memaksa saya untuk mencobanya dan wow enak sekali ternyata cila diberi bumbu walaupn tetap saja saya lebih menyukai makan tahu bulat polosan tanpa bumbu apapun. Malam ini ditutup dengan keceriaan dan juga rasa kenyang serta lelah selama seharian berjibaku untuk re-cooked  resep. Alhamdulillah semuanya senang...

#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar