Jumat, 16 Juni 2017

Ketika Virus Membaca Menjangkiti Ayah Lukman

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman membaca yang dilakukan oleh suami saya. Membaca adalah momok menakutkan dan sangat dihindari sekali oleh suami saya sedari kecil hingga saat ini. Ketika ditanya alasannya mengapa tidak senang membaca? Beliau menjawab bahwa membaca membuatnya merasa mengantuk dan sepanjang hidup hanya kuat membaca maksimal 10 halaman tidak lebih. Padahal menurut saya membaca itu mengasyikan asalkan kita memilih buku yang sesuai dengan minat kita sendiri sehingga akan terasa menyenangkan menghabiskan waktu dengan melahap halaman demi halaman hingga tanpa terasa buku pun khatam dibaca.

Nah, dimulai tadi sore sepulang kantor tiba-tiba suami menghampiri saya dan meminta tolong agar saya bersedia mengirimkannya e-book Fitrah Based Education (FBE) karangan Ustadz Harry Santosa salah satu founder komunitas Home Education based on Akhlaq and Tallents (HEbAT). Saya pun kemudian mengirimkan e-book tersebut kepada suami saya dan tidak memiliki harapan apakah akan dibaca atau tidak karena memang saya sudah tahu bahwa suami saya tipikal yang sangat malas untuk membaca buku. Untungnya beliau masih bisa tahan jika membaca sebuah artikel atau resume asalkan bukan buku yang memiliki puluhan bahkan ratusan halaman. Ternyata tanpa saya sadari suami saya embaca dengan khusyuk e-book tersebut hingga beberapa lembar dia baca. Spontan membuat saya kaget dan bertanya-tanya, "Yah, kok tumben serius bacanya?" tanya saya. Beliau pun menjawab bahwa dirinya merasa butuh dengan ilmu mengenai Home Education (HE) secara lebih mendalam lagi karena kita butuh ilmu ini.

Ternyata memang benar bahwa jika seseorang merasa butuh akan sesuatu maka dengan otomatis akan mencari tahu mengenai keingintahuanny tersebut. Sehingga yang bisa kita lakukan adalah memfasilitasi bahan bacaan di rumah dan uga memberikan contoh nyata bahwa memang kita pun senang dengan aktivitas membaca tersebut. Barangkali anak dan pasangan kita tergerak ingin mengikuti kebiasaan baik kita ini. Selamat membaca...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar