Jumat, 28 April 2017

Bereksperimen Dengan Henna si Pewarna Kuku

Siang hari ini kami kedatangan banyak tamu dari mana-mana, baik yang memiliki hubungan kerabat maupun yang tidak sama sekali. Kebetulan hari ini tepat hari ke tujuh meninggalnya almarhumah nenek saya sehingga banyak orang yang berdatanganan ke rumah. Meskipun kami sekeluarga tidak melakukan tradisi tujuh harian namun keluarga di kampung masih melakukannya. Karena banyak kerabat yang datang maka banyak pula anak-anak kecil yang datang ke rumah kami dan tentunya membuat Kakak senang. Setiap sudut dijelajahi oleh para bocah sambil berlarian dan tertawa saling bersenda gurau.

Kakak walaupun usianya baru menginjak 8 tahun namun sedari kecil senang menjadi leader dalam grup permainannya. Sehingga terkadang anak yang usianya lebih tua daripada Kakak bisa mengalah untuk mengikuti segala instruksi Kakak. Karena dua hari ini saya memperbolehkan Kakak untuk download permainan yang bertemakan tentang 'Salon' maka ia pun dengan para bocah masuk ke kamar almarhumah nenek saya untuk bermain salon-salonan menggunakan alat-alat yang mereka temukan di kamar. Saya pribadi tidak bisa membersamai mereka dikarenakan sibuk menerima para tamu yang datang ke rumah. Namun saya sesekali melihat mereka dari kejauhan sembari saya menguping beberapa pembicaraan mereka.

Pas ketika rombongan Enin dan Nenek (ibu dan tante saya) baru tiba setelah melewati perjalanan Bandung-Cijulang. Barulah saya berkesempatan berbincang bersama Kakak secara langsung. Saya bertanya apa saja yang Kakak lakukan dengan teman-teman ketika sore hari tadi. Kakak bercerita dia bermain peran bersama teman-temannya. Kakak menjadi pemilik salon dan sebagai perias wajah. Saya tidak bisa menyembunyikan ekspresi saat itu dan saya pun tertawa. Kemudian Kakak bercerita ketika bermain di kamar nenek saya, dia menemukan sebuah pasta yang ternyata itu adalah henna untuk mewarnai kuku. Karena tidak tahu itu digunakan untuk apa, mereka pun mencoba menuliskan henna pada kertas dan berakhir di atas kulit tangan dan jari-jari serta kuku mereka. Ternyata itu membuat Kakak senang karena ketika mencoba henna tersebut tiba-tiba kulit dan kuku tangannya menjadi berwarna orange. Akhirnya Kakak pun meminta saya untuk menjelaskan mengenai henna tersebut dan berakhir dengan obrolan panjang hingga membuatnya lelah dan tertidur.
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar