Minggu, 19 Februari 2017

Komunikasi dengan Bahasa Kasih


Tidak terasa sebulan sudah saya dan teman-teman di kelas Bunda Sayang IIP Batch #1 ini mendapatkan materi mengenai Komunikasi Produktif dari Ibu Septi Peni Wulandani dimana beliau bertindak sebagai fasilitator kami di kelas tersebut. Beliau memberikan challenge kepada kami untuk menjalankan Komunikasi Produktif ini selama 10 hari kepada pasangan, anak, orangtua, teman kami, maupun kepada orang lain. Cukup membuat saya kelimpungan juga dalam prosesnya. Karena memang setelah saya flash back kembali, ternyata pola dan gaya komunikasi saya banyak yang kurang tepat dan tidak terlatih dengan baik. Barangkali wajar mengingat saya memang baru mengetahui apa yang dimaksud dengan Komunikasi Produktif itu.

Meski tertatih mencoba membiasakan membangun pola komunikasi yang produktif. Dimana terkadang hasil yang di dapat bukanlah yang sesuai dengan ekspektasi, melainkan kegagalan dalam membangun komunikasi produktif itu sendiri. Namun, dalam prosesnya saya menguatkan tekad jika gagal, tinggal diperbaiki, lalu lakukan kembali. Begitu seterusnya jangan sampai putus asa dan menyerah menjalani prosesnya.

Alhamdulillah sangat saya syukuri sekali, materi Komunikasi Produktif ini membawa perubahan baik dalam saya berkomunikasi dengan anak dan suami saya. Dan saya baru menyadari bahwa komunikasi itu merupakan bahasa kasih seseorang kepada orang lain dan harus dilakukan dengan menghadirkan hati diantara mereka agar tersampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Dan perlu kita ingat jika komunikasi dan pesan kita tidak tersampaikan sesuai dengan yang kita harapkan maka tenamkan pemahaman bahwa, "There is NO FAILURE, only WRONG RESULT, so we have to CHANGE our strategy". 

Terimakasih Bu Septi untuk ilmunya yang sangat bermanfaat ini. Semoga ke depannya saya bisa mengaplikasikan Komunikasi Produktif dengan lebih baik lagi dan yang terpenting bisa selalu menghadirkan hati ketika berkomunikasi dengan siapapun karena komunikasi merupakan bahasa kasih antara manusia satu dengan yang lainnya. Selamat berkomunikasi produktif ya,teman-teman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar